Mau Mulai Jualan Barang Impor? Yuk Simak Caranya!

22 December 2022
  • Bagikan :
jasa-impor

Banyak pelaku usaha yang tertarik menjual barang impor. Selain bisa memperoleh harga yang murah dan produk yang bervariasi, menjual barang impor juga menguntungkan karena tingginya permintaan barang impor namun terkendala dengan sedikitnya importir penyedia barang impor di dalam negeri. 

Pilihan Exim People untuk berjualan barang impor sudah tepat. Sebagai langkah selanjutnya berikut Indoexim.id akan membagikan cara memulai berjualan barang impor. Mulai dari cara menjadi importir, cara memilih komoditas impor/barang impor yang hendak dijual, cara import barang, cara memilih supplier barang impor, hingga cara memilih jasa importir. 

  1. Melakukan riset target pasar dan produk
    Langkah pertama dari cara menjadi importir untuk berjualan barang impor adalah dengan melakukan riset, baik terkait riset target pasar ataupun riset produk. Dalam hal ini, Exim People tidak boleh hanya bertumpu pada prediksi, perasaan, atau pemikiran Exim People semata. 

    Mula-mula, lakukanlah riset terkait target pasar, yaitu kriteria individu yang hendak dijangkau Exim People untuk menawarkan produk. Target pasar bisa mencakup usia, jenis kelamin, minat dan hobi, serta lain sebagainya. Tujuan dari melakukan riset target pasar ini adalah agar Exim People bisa menentukan strategi pemasaran, menentukan harga jual, dan lain sebagainya.

    Setelah melakukan riset target pasar, selanjutnya Exim People bisa melakukan riset terkait barang impor yang hendak dipilih. Untuk pelaku bisnis barang impor pemula, disarankan Exim People memilih produk yang mempunyai risiko rendah, seperti misalnya produk aksesoris, produk fashion, perlengkapan dekorasi rumah (home décor). Exim People juga bisa memilih produk yang laju konsumsinya cepat, seperti produk aksesoris gadget, produk kecantikan, ataupun produk elektronik.  

    Tambahan lagi, Exim People juga bisa memilih komoditas impor utama Indonesia sebagai referensi untuk memulai bisnis barang impor. Adapun 5 jenis komoditas impor utama Indonesia menurut catatan BPS adalah (1) mesin dan peralatan mekanik, (2) mesin dan perlengkapan elektrik, (3) plastik dan barang dari plastik, (4) kendaraan dan bagiannya, (5) ampas atau sisa industri.
     
  2. Mencari supplier 
    Untuk bisa mencari supplier yang paling cocok, Exim People bisa memanfaatkan situs jual beli (e-commerce) global, seperti Amazon, eBay, dan Alibaba. Dengan memanfaatkan situs-situs e-commerce ini Exim People juga bisa lebih leluasa untuk membandingkan tiap-tiap supplier, dimulai dari melihat harga yang ditawarkan, kualitas produk yang ditawarkan, minimum pemesanan, hingga stok barang.
     
  3. Menentukan sistem pembayaran dan sistem pengiriman barang impor dengan supplier barang import di luar negeri 
    Ada berbagai sistem pembayaran ke luar negeri yang bisa didiskusikan Exim People dengan supplier barang import, seperti transfer, kartu kredit, wesel, letter of credit, hingga open account. Pembayaran melalui transfer, kartu kredit, wesel, dan open account lebih sederhana dan murah jika dibandingkan dengan letter of credit. Kendati demikian, letter of credit merupakan cara pembayaran luar negeri yang dinilai paling aman. 

    Sistem pengiriman komoditas impor atau barang impor juga tidak kalah penting. Biasanya, kesepakatan pengiriman barang impor oleh pelaku perdagangan internasional disebut dengan incoterms. Adapun beberapa incoterms yang perlu dipahami Exim People dalam cara import barang adalah EXW, Free on Board (FOB), Free Carrier (FCA), Carrier Insurance Paid (CIP), Carrier Insurance Freight (CIF), Cost Freight (CFR), Carriage Paid To (CPT), Delivery at Terminal (DAT), dan Delivery Duty Place (DDP).
     
  4. Memahami prosedur pengiriman 
    Exim People juga perlu memahami prosedur cara import barang, dimulai dari mengetahui regulasi impor barang dari negara supplier barang import, mengetahui total biaya (pengiriman, bea masuk, hingga bea cukai), serta cara mengasuransikan komoditas impor. 

    Agar pengiriman barang impor dapat efisien dan memperoleh harga yang terjangkau, Exim People bisa memanfaatkan jasa importir. Selain membantu pengiriman komoditas impor, jasa impor juga bisa membantu Exim People dalam mengurus dokumen impor yang diperlukan, mengurus hal-hal terkait kepabeanan dan bea cukai, hingga mengurus asuransi komoditas impor yang hendak dikirim oleh importir. 
  5. Membuat tanda pengenal importir (API)
    API adalah tanda pengenal importir yang perlu dimiliki seorang importir ketika hendak mengirim barang impor atau komoditas impor ke dalam negeri. Terdapat dua jenis API, yaitu API-U untuk umum dan API-P untuk produsen. API-U ditujukan untuk kegiatan impor barang perdagangan, sedangkan API-P ditujukan untuk kegiatan impor barang yang melalui tahapan produksi. 

    Namun, tanda pengenal importir (API) ini tidak diperlukan bagi Exim People yang melakukan cara import barang melalui situs jual beli (e-commerce) global. Jadi, jika Exim People menemukan supplier melalui e-commerce, Exim People tidak diwajibkan membuat tanda pengenal importir (API).

  6. Mengurus dokumen pengiriman barang impor atau komoditas impor
    Ada beberapa dokumen impor yang perlu dipahami dan diurus oleh Exim People. Dokumen impor yang utama adalah sebagai berikut. 

  • Bill of Lading (B/L) atau Airway Bill (AWB) yang merupakan dokumen perjanjian pengangkutan yang dilakukan oleh ekspedisi/pengangkut (carrier), pengirim (shipper), serta penerima barang (consignee).
  • Invoice (faktur penjualan) yang berisikan daftar nilai/harga barang impor per item serta total nilai/harga barang keseluruhan yang ada dalam packing list.
  • Packing List (daftar pengepakan) yang berisikan nama dan alamat pengirim, nama dan alamat penerima, nama dan jenis barang, jumlah barang, serta berat barang yang ingin dikirim.

 

Demikianlah informasi dari Indoexim.id terkait cara menjadi importir untuk memulai berjualan barang impor. Apakah Exim People sudah memahami tahapan berjualan komoditas impor, mulai dari memilih supplier barang import yang tepat hingga memahami prosedur cara import barang?
Jika Exim People membutuhkan jasa importir untuk membantu proses pengiriman komoditas impor, mulai dari mengurus pajak dan bea cukai, mengurus garansi/asuransi komoditas impor, mengurus dokumen cara import barang, hingga mengantarkan barang import tiba di alamat tujuan, pastikan memilih Indoexim.id ya. 
Sebabnya, Indoexim.id sudah berpengalaman dalam melakukan pengiriman luar negeri, mulai dari impor, ekspor, hingga jastip. Dengan keunggulan layanan informasi panduan impor barang dan layanan gratis pick up barang, Indoexim.id juga memfasilitasi pengiriman luar negeri dengan cara yang mudah dan dengan harga yang terjangkau.


  • Bagikan :

Media Release

Artikel Terbaru