Mau Impor Barang? Intip Prosedur Impor Barang Dulu, Yuk!

16 December 2022
  • Bagikan :
prosedur-impor-barang

Apakah Anda ingin impor barang dari luar negeri tapi masih bingung dengan prosedur impor barang? Anda tidak sendirian. Banyak orang juga yang masih bingung akan alur impor barang. Mulai dari tidak pahamnya tahapan proses impor barang, dokumen impor barang apa saja yang harus disiapkan, hingga prosedur impor barang bea cukai. Berikut Indoexim.id akan menyajikan informasi seputar prosedur impor barang satu per satu!

  1. Mengetahui Ketentuan Komersial Internasional (International Commercial Terms/Incoterms)
    Jika Exim People ingin impor barang untuk tujuan bisnis atau sekadar membeli barang dari luar negeri, maka Exim People perlu mengetahui istilah-istilah incoterms terlebih dahulu. Incoterms sendiri adalah ketentuan yang digunakan oleh pelaku perdagangan internasional dalam pengiriman barang. Incoterms berfungsi untuk mengatur hak dan kewajiban yang akan ditanggung oleh pembeli ataupun penjual.  Ada berbagai istilah incoterms yang penting Exim People ketahui. Beberapa di antaranya adalah EXW, Free on Board (FOB), Free Carrier (FCA), Carrier Insurance Paid (CIP), Carrier Insurance Freight (CIF), Cost Freight (CFR), Carriage Paid To (CPT), Delivery at Terminal (DAT), dan Delivery Duty Place (DDP). 
     
  2. Menentukan cara pembayaran barang impor
    Menentukan cara pembayaran barang kepada pemasok (supplier) luar negeri juga jadi salah satu hal yang perlu Exim People ketahui jika ingin impor barang untuk tujuan bisnis atau berbelanja. Adapun beberapa cara pembayaran barang impor luar negeri adalah melalui transfer bank, kartu kredit, wesel inkaso, letter of credit, dan pembayaran kemudian (open account).  Pembayaran melalui transfer bank, kartu kredit, wesel, dan open account lebih sederhana dan murah jika dibandingkan dengan letter of credit. Kendati demikian, letter of credit merupakan cara pembayaran luar negeri yang dinilai paling aman. 
     
  3. Memilih jasa pengiriman barang (freight forwarder) profesional
    Tahapan alur impor barang selanjutnya adalah memilih jasa pengiriman barang (freight forwarder). Jasa pengiriman barang diperlukan agar Exim People bisa terbantu dalam pengurusan dokumen alur impor barang, pengurusan logistik alur impor barang, serta pengurusan kepabeanan prosedur impor barang. Selain itu, dengan freight forwarder, alur proses impor barang hingga ke tempat tujuan juga bisa ditempuh dengan waktu yang efektif dan biaya yang efisien. Untuk itu, tahapan memilih jasa freight forwarder seperti Indoexim.id adalah hal yang amat penting bagi alur impor barang.
     
  4. Mengasuransikan barang impor 
    Exim People juga harus memasukkan tahapan mendaftarkan asuransi barang dalam alur proses impor barang yang dilakukan. Dengan asuransi pengiriman, risiko barang rusak, hilang, cacat selama alur proses impor barang bisa diantisipasi.  
     
  5. Memahami peraturan kepabeanan
    Dalam prosedur impor barang, yang tidak boleh dilewatkan oleh Exim People adalah memahami peraturan kepabeanan dan prosedur impor barang bea cukai. Misalnya, mengetahui barang yang hendak diimpor termasuk ke dalam jenis barang impor yang diperbolehkan, dibatasi, dilarang, perlu perlakuan khusus, ataupun perlu disertai dengan dokumen tertentu. Hal ini penting diketahui agar Exim People bisa mengetahui apakah barang impor yang hendak dikirim dikenai bea apa saja, dimulai dari bea masuk hingga bea cukai. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait prosedur impor barang bea cukai ini, Exim People bisa menghubungi pihak bea cukai ataupun freight forwarder yang dipilih. 
     
  6. Melengkapi dokumen impor yang dibutuhkan 
    Dalam alur proses impor barang, ada tiga jenis dokumen impor barang yang perlu diurus, yaitu dokumen impor untuk pengajuan izin impor (API, NIK, SPR, dan Sertifikat Registrasi Perusahaan), dokumen ekspor impor dasar (Bill of Lading atau Airway Bill, invoice, dan packing list), serta dokumen impor untuk pengambilan barang impor (PIB dan SPPB). Selain bisa memberikan informasi terkait dokumen impor barang yang diperlukan, freight forwarder juga dapat membantu Exim People dalam mempersiapkan dan mengurus dokumen impor yang dibutuhkan. 
     
  7. Mengurus ketibaan barang impor  
    Setelah barang tiba dan keluar dari daerah pabean, barang perlu dijemput oleh Exim People. Namun, jika Exim People memilih jasa freight forwarder, prosedur impor barang menjemput barang di daerah pabean ini bisa dilewati. Dengan kata lain, freight forwarder dapat mengirim barang Exim People hingga alamat tujuan akhir. Setelah barang diterima, Exim People juga harus memastikan bahwa barang tersebut bebas dari kerusakan, kurang, hilang, dan sebagainya. Jika ada kendala, Exim People bisa mengajukan klaim garansi, baik kepada freight forwarder, perusahaan asuransi, ataupun pemasok (supplier) sesuai dengan kesepakatan garansi. 

Demikianlah prosedur impor barang yang perlu Exim People pahami jika ingin mengirim barang dari luar negeri. Silakan Exim People memilih Indoexim.id sebagai freight forwarder dan partner pengiriman impor barang Anda. Selain telah berpengalaman menangani alur proses impor barang, Indoexim.id juga memberikan layanan customer service yang siap memberikan informasi terkait prosedur impor barang bea cukai serta pengurusan dokumen impor barang yang dibutuhkan.


  • Bagikan :

Media Release

Artikel Terbaru